Keluargaku sehat tanpa rokok

Saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang rokok, boleh ?

Sejujurnya hal paling pertama yang ingin saya tulis, bahwa saya ingin berucap syukur kepada Allah. SWT yang telah memberi nikmat pada saya berupa tidak merokok. Saya menganggap bahwa, itu merupakan anugrah besar karena lingkungan asalnya adalah lingkungan yang mengenalkan saya dengan rokok dan tidak ada penyuluhan tentang baik/buruk merokok itu.

Penyebab orang kenal rokok

Lalu, apa saya belum pernah merokok sejak kecil? Pernah juga sih. Saat kecil sekitar usia 15 tahun saya kenal rokok. Pertanyaannya dari mana ? Jawab singkat, dari lingkungan dan teman-teman. Dari ngobrol asyik sama teman yang merokok, rasanya itu nggak enak kalo enggak ngikutin apa yang teman kita lakukan. Berteman itu kan harus kompak, se-visi, se-paham. Kalo enggak pasti tersingkir, enggak klop! Itu sudah alamiah emang. Salah satu teman lama saya bilang, bahwa ngerokok itu buat buka obrolan enak. Tapi untungnya saya orangnya nggak suka ngobrol, alhamdulillah. Jadi, saat itu saya tidak memerlukan rokok sebagai pembuka obrolan. Saya cenderung pendiam dan lebih nyaman dengan menyendiri, nggak rame-rame.

Bagaimana dengan Anda, ingat saat awal dulu berkenalan dengan rokok? Ingatkah? Coba ingat-ingat lagi dan coba tuliskan jawaban Anda pada kertas / ponsel Anda.

#1. Awal saya kenal rokok adalah dari  … (sebutkan teman & tempat awal jika masih ingat).

Tujuan orang merokok

Lalu yang saya heran adalah, sebenarnya apa sih goal dari orang merokok itu? Melakukan sesuatu kan pasti ada tujuannya. Minimal ada tiga hal. Untuk uang, kesenangan atau spiritual. Itu yang biasa saya jadikan patokan saat melakukan sesuatu hal. Termasuk merokok. Wallahua’lam ya, kalau tujuan merokok itu nomor 3 (spiritual) meski saya terang-terangan menolak rokok, tapi saya nggak tau kalau merokok diniatkan untuk ibadah bagaimana itu, apa dapat pahala apa tidak. Saya nggak tau. Sebab dalam islam sendiri ngga ada contoh dan panutan yang mengajak untuk merokok. Minimal, nabi kita Rasulullah itu kan tidak merokok. Ya kita umatnya, usahakan untuk mengikuti saja!

Yang ingin saya angkat disini adalah jika merokok hanya untuk kesenangan / menuruti kecanduan yang bergejolak didalam jiwa Anda, lantas apa sih manfaatnya dan sampai kapan akan begitu dan berapa biayanya? Nah, meski saya tau bagaimana rasanya upaya untuk berhenti atau melawan candu itu berat, tapi ada sebagian orang yang saya temui berhasil berhenti merokok. Serius! Saya salut banget.

Untuk perokok. Kalo boleh saya bertanya dengan Anda, apa tujuan Anda ? Boleh dijawab juga.

#2. Tujuan saya merokok adalah untuk … (Untuk uang, kesenangan atau spiritual).

Karena pembahasan tentang rokok itu kompleks, dan konten yang ingin saya sajikan sebenarnya panjang. Saya ingin tulis pengalaman saya pada kesempatan yang lain dengan insyaallah tema yang akan saya bahas mengenai:

– Kelebihan & kekurangan merokok
– Bahaya merokok (Ancaman)
– Merokok menurut islam (jika Anda muslim)
– Keputusan Anda sekarang
– Cara berhenti dari merokok pengalaman teman saya yang berhasil berhenti.
– Hidup sehat tanpa rokok
– Hidup hemat tanpa rokok

Sebagai penutup sementara, artikel pada postingan ini saya sepakat dengan quote berikut ini.

“Merokok itu baik atau buruk? Jika merokok itu buruk menurut Anda, lantas kenapa sekarang masih merokok. Jika merokok itu baik, coba ajak Anak & Istri Anda untuk merokok berjamaah (katanya merokok baik.)”

 

 

Iklan

Reseller Kece Produk Terijingkrak

Sukses berbisnis tanpa modal, jika tekun, sabar dan kreatif bisa kok!

Berbisnis tanpa modal masih menjadi suatu perdebatan di kalangan umum. Pasalnya, berbisnis itu harus menggunakan modal meskipun hanya sekedar ide. Ide itu juga modal, ungkap Mrs. Jingkrak. Hanya saja, ide bukan sekedar ide, tapi harus direalisasikan, tambahnya. Untuk merealisasikan ide menjadi kenyataan dibutuhkan proses yang menyakitkan mulai dari komplainan, kritikan, kepercayaan yang kadang terkuras, optimis yang kadang down, passion yang kadang hilang. Semua hambatan itu haruslah dihadapi dengan sabar, tetap tekun dan sedikit kreatif.

Beda halnya menurut Mr. Jingkrak, bahwa kendati berbisnis bisa dijalankan dengan tanpa modal sepeserpun, namun amannya berbisnis mesti dijalankan menggunakan modal walau hanya 10% misalnya. Karena biasanya ada proses yang tidak terduga yang jangan sampai proses perjalanan bisnis menjadi besar terhambat karenanya. Selain itu, berbisnis juga memiliki risiko, seperti misalnya rugi. Selain risiko harus dihadapi dengan sikap mental yang bijak juga harus diimbangi dengan solusi nyata.

teri medan

Awal mula lahirnya teri jingkrak

Saya itu suka pedes, dan ingin menghadirkan makanan yang super pedes. Nah karena rasa pedes itu, identik dengan istilah “jingkrak” maka lahirlah nama “teri jingkrak” untuk teri sendiri kenapa kami memilih itu, karena ternyata banyak penggemar ikan mungil satu ini.

Bagaimana Anda yakin makanan ini banyak digemari?

Awalnya sih pede aja, itu modalnya, ujar Mrs. Jingkrak. Sempet sih waktu pertama bikin rasanya nggak enak, lalu coba resep lain, masih gak enak coba lagi dan coba terus sampai dapat rasa yang beneran enak. Dan akhirnya didapat rasa yang pas juga. Sempat juga ada yang mengkritik, tapi kritikan itu benar-benar saya butuhkan untuk perbaikan resep teri jingkrak ini, jadi biasa aja sih sama kritikan.

Untuk pengiriman sendiri saat ini sudah sampai mana?

Alhamdulillah, kita sudah kirim ke berbagai kota besar seperti jakarta, bekasi, bandung, jogja, ponorogo, banten dan pernah juga produknya dibawa sebagai oleh-oleh sampai turki dan madinah.

Bagaimana pemasaran produknya?

Untuk pemasaran kami gunakan dua jalur, yaitu online dan ofline. Terlebih untuk saat ini, dunia online tak boleh diabaikan. Menurut ippho, internet adalah now market dan next market. Sehingga kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang mau bergabung menjadi Pasukan Dropshipper Teri Jingkrak. Ini memang keinginan Kami untuk membuka kesempatan kepada temen-temen yang juga ingin memperoleh penghasilan dari rumah tanpa produksi, packing dan ngirim. Cukup jualan via sosmed seperti instagram saja yang saat ini boom penggunanya, kita juga ada belajar marketing bareng di group whats app, kemudian kalo ada yang beli dari dropshiper nanti kita yang kirimkan dengan nama pengirim dari penjual. Untuk pengiriman sendiri, dari Depok.

Jika Anda tertarik ingin membeli Teri Jingkrak atau menjadi Reseller Teri Jingkrak, Silakan wa : 0857-826-999-19 (Ibu Mutoharoh).

All Operator Pulse Cellular – Simply, Fast & Accuracy

Buat temen-temen yang butuh pulsa sekarang ngga usah mahal dan repot lagi. Alhamdulillah, saya ada server yang terkoneksi dengen authorize provider & distributor. 
Sebenarnya ini ada sudah sejak lama, sekitar 2014. Sekarang saya ingin lebih banyak orang yang bisa mangaksesnya. Kita bisa manfaatkan untuk isi ulang pulsa sendiri yang lebih nyaman, hemat dan mudah.

Bisa juga untuk dijual kembali dengan harga yang masih bisa dapat untung yang lumayan. Mau ? Anda pemula dan butuh panduan ?

Ga masalah, semua akan diberitaku caranya hingga tuntas. Japri Saya melalui Whats App Yaa ! Di Nomor. 081573644402.

Memberi: Giving & It’s Amazing

Memberi memang mulia, tapi pastikan tidak sia-sia, upayakan pemberian kita setidaknya mengalirkan pahala abadi.

Sebelum memberi, baiknya luruskan dulu. Begini urutannya.

1. Niat, apa maksud kita memberi sesuatu pada orang lain? Karena apa? Pujian, rasa bersalah, balas budi / tebusan, menolong, kasihan, karena suka, atau ibadah. Pastikan upaya kita memberi setidaknya menyisakan untuk kita pahala. Niat lebih dari 1 apa bisa? Sangat bisa bahkan pahalanya lebih banyak. Saya baca soal pahala yang niatnya banyak akan dapat banyak adalah melalui ebook dari pak arafat.

2. Memberi dengan sesuatu yang paling dibutuhkan, paling besar pahalanya dan paling bermanfaat.

Apa jadinya saat kita memberi pada orang lain tapi dia tidak butuh ? Hmm, bisa jadi barang dari kita tidak dipakai atau malah dikasihkan lagi ke orang lain. Nah, bahangkan kalau kita tahu itu. Menyakitkan bukan?

Nah, jadi meskipun kita mampu memberi. Kita juga pintar-pinta mencari tahu kira-kira apa sih butuhnya orang itu ? Biar tepat guna. Suatu hari saya perlu sekali jaket, karena sudah pada bolong-bolong, pudar dan tidak layak pakai. Eh tiba-tiba adik saya ngasih jaket. Masyaallah, itu pas banget sama yang sedang saya perlukan. Kemudian kalo bisa pemberian kita itu mengalirkan pahala terus-menerus (jariyah). Misalnya wakaf, dll.

3. Memberi dengan kualitas terbaik. Langsung saja, kenapa ? Bagi saya, alasan itu membuat puas ihtiar saya, dibandingkan saya ngasih jelek misalnya. Sama-sama ngasih, sama-sama keluar biaya tapi “feeling” nya beda. Kan sayang. Mending bagus sekalian. Selain kita puas, yang diberi juga berkesan insyaallah kalo diniatkan muamalah pasti Allah ngasih pahala yang besar juga. Harus yakin itu.

4. Ihlas. Nah, ini tingkat paling sulit. Untuk merasakannya mesti dilatih, makanya sering-seringlah memberi nanti lama-lama juga ihlas. Belum ihlas memberi aja. Nanti lama-lama juga akan terbiasa. Karena prinsipnya memberi itu sebenarnya untuk kita sendiri. Akan balik ke kita lagi. Cepat atau lambat. Dan itu pasti, sepasti-pastinya.

– Memberi itu menang
– Memberi itu sebenarnya kita yang butuh.
– Memberi itu pasti dibalas bahkan dilipatgandakan, memberi uang akan dibalas uang, memberi makanan akan dibalas makanan, memberi darah (donor darah) akan dapat kelapangan darah, bershuha (memberi waktu) akan dapat kelapangan waktu, memberi senyuman akan dapat senyuman.

Dalam alquran, dikatakan bahwa salah satu ciri ahli syurga ialah dia terbiasa memberi baik ketika lapang maupun sempit. Sekali lagi, maupun sempit. Justru yang luar biasa adalah ketika nggak punya apa-apa tapi bisa dan mau memberi. Bahkan, bill gates pernah bilang ada orang yang lebih kaya dari saya. Siapa dia, ialah saat itu ada petugas koran yang mau memberi ke bill gates padahal dia miskin. Akhirnya bill gates tersentuh.

Memberi itu membahagiakan. Bill gates, ngga puas jadiorang kaya. Dia melanjutkan hingga jadi orang yang dermawan. Memberi itu tingkatan tertinggi melebihi kaya.

Memberi itu bukan soal punya atau tidak, tapi soal mau atau tidak. Memberi bisa dimulai dari apa saja, nggak mesti uang. Punya tenaga berikan tenaga. Punya skill ngomong bantu yang perlu misalnya mc, pembawa acara, dll.

Bahkan yang menarik, bahwa penyebab masalah misalnya hutang yang ngga lunas-lunas atau urusan yang nggak selesai-selesai bisa terbantu karena memberi. Jadi memberi itu bisa diasumsikan kita sedang memberi modal kepada alam semesta. Ketika lagi dalam kondisi berhutang, kita memberi secara ihlas ketika nanti modal (pemberian kita sudah banyak) maka solusi akan datang. Keajaiban akan mampir pada kita.

Pesan saya, biasakan memberi. Ajarkan anak kita berlatih memberi. Usahakan tiap hari kita memberi (bersedekah), seterusnya dan semakin besar nilainya (meningkat). Yakinlah, kamu pasti bisa. Yakinlah, setelah memberi kamu pasti akan bahagia.

Driving Our Life (About Small Freedom)

Renungan ke-3 tentang sisi hidup yang tak biasa. Tak biasa, karena mungkin sangat jarang orang mengalami model kehidupan yang seperti ini. Hidup bisa menjadi menyenangkan dan membosankan. Hidup bisa terus naik grafiknya, atau stagnasi (tidak naik atau tidak turun) juga hidup bisa menuju ke bawah (turun). Oleh karenanya selalu ada yang namanya titik balik. Inna ma’al ushri yusra. Setelah sulit akan ada kemudahan. Habis gelap terbitlah terang. Ini semua adalah tentang sebuah pilihan (keputusan).

Tujuh tahun sudah kehidupan saya, yang perjalanannya dibantu (setir) itu benar-benar membuat tahun setelahnya menjadi lebih sulit bagi saya. Ini adalah bulan ke-2 (september) dan hari ke tujuh (kamis) yang mana kesulitan itu saya alami. Seketika membuat saya merasakan flashback ke belakan jika kehidupan saya sama, seperti ini sejak tujuh tahun yang lalu, itu melelahkan sekali.

Banyak sekali yang saya belum bisa penuhi sekarang karena keadaan benar-benar jauh berbeda. Adaptasi, memang keharusan. Dan itu juga melibatkan soal keputusan-keputusan. Mengubah cara pandang dan chipset lama. Yang kesemuanya itu tidak semudah seperti menghapus tulisan dari pensil.

Driving your live. Kamu harus hidup dalam jiwamu. Kamu harus mengalirkan dirimu seperti air, agar selalu bersih dan naik grafik hidup mu. Driving to giving a means. Its just enough. Drive and Lead, your lifes. No Waiting, No Controlling Others.

 

Lukmanul HM – https://kalikudo.wordpress.com/

perjalanan resign kerja

Aku Bingung : Tulisan Lama 11/12/2016

Uuurrrgh. Ini dimana aku sedih. Kehidupan rasanya seperti ayang-ayang setelah bangun subuh sembahyang. Yang agak terlewat dan sedikit menuju siang. Aku berusaha menggenggam pagi dengan keyakinan yang erat. Tapi, rasa lemah disekitar otot tanganku, perlahan merembet memengaruhi keyakinanku kembali akan kehidupan. Mecari rp. 1.000 saja, kalau nggak ngerti caranya sangat sulit bahkan kewalahan. Jangan pernah remehkan nilai kecil, karena sering kali ia akan datang membawa teman-temannya. Teman seperjuangan bahkan yang mengenakan peci. Cukup kerjakan satu. Yakini, jalani hingga sukses.

Selama ini banyak pekerjaan yang telah kumulai, namun tak juga menemukan titik selesai. Terlalu banyak.

Membuka bisnis, menjadi penulis, publisher, dan bekerja (ini yang paling menghabiskan banyak waktu produktifku). So, kehidupan dan sukses mungkin bingung akan berpihak pada keinginanku yang mana? Sedangkan aku membagi kesetiaanku dengan satu, dua, tiga empat bidang yang berbeda. Renungilah. Buat-mu, sobat ku yang membaca. Jangan sepertiku yang terlalu baik dengan banyak orang dan bidang. Baiknya jangan berlebihan, cukup baik saja. Namun haruslah ihlas. Ihlas dengan kehidupanmu, ihlas dengan bidang profesimu. Maka, teman-teman lainnya akan dan mungkin datang bersama menemui dan menyapa mu.

Yang terpenting, seimbangkan kebutuhan spiritual dan dunia-mu. Hidup ini kesenangan yang menipu. Jangan mati-matian mengejar dunia, hanyut dalam ketertipuan yang indah dan melupakan spiritual untuk keabadian selamanya. Berbekal-lah dengan sebaik bekal. Jadilah orang kanan. Teruslah berjalan, jangan pernah berhenti. Qodho dan qodar itu, memang sungguh hal yang ghoib. Tapi itulah, rukun. Rukun iman. Mesti percaya, dan tak ada satupun orang yang tahu takdirmu didepan.

 

Lukmanul HM – https://kalikudo.wordpress.com/

cara mengurus akte kelahiran

Cara mengurus Akte Kelahiran Depok : Saya ngurusi sehari selesai. Alhamdulillah !

Temen-temen yang udah punya anak, segera deh urus akte Anak Anda sebelum usia 6 tahun. Kenapa ? Soalnya Akte anak paling pertama diperlukan saat anak mau masuk TK.

Prosesnya gampang kok. Khusus daerah Depok nih ya, saya mau kasih tau urutannya. Sehari ngurusin juga selesai, bahkan dalam hitungan jam kalo berkas-berkasnya lengkap. Nah, kebetulan KTP saya masih lama jadi saya sekalian ngurus pembuatan E-KTP baru.

Oke, langsung aja. Ini dia caranya:

1. Siapkan berkas-berkasnya, diantaranya
– FC Kartu Keluarga
– FC Akta Nikah Legalisir KUA 2 Lembar
– FC KTP-Elektronik Suami, Istri, dan 2 orang saksi (utk saksi kebetulan juga sudah elektrik, ngga tau kalo belum elektrik bisa atau tidak, pastikan cari saksi yang ktpnya sudah elektrik. Saya saksinya orang tua).
– Surat keterangan lahir dari bidan yang asli (stempel) bidan.

Ket: Jika KTP belum elektronik, sekalian aja minta pengajuan pembuatan ktp-el di RT, lalu nanti akan ada rekam e-ktp di kelurahan. Nah, surat keterangan rekam itulah yang dipakai di walikota sebagai ganti KTP Lama.

2. Ke pak RT dulu untuk minta pengantar. Bilang mau bikin akte.

3. Ke pak RW kemudian, minta tanda tangan dan legalisir.

4. Ke kelurahan, isi formulir permohonan akte. Kalo sudah selesai, sudah di ttd dan legalisisasi langsung lanjut ke Walikota Depok.

5. Sampai Walikota Depok, langsung ke Disdukcapil lantai 1 di gedung besar. Ambil Antrian no. 3 loket akte diatas 60 hari.

6. Tunggu panggilan, kalo sudah dipanggil serahkan berkasnya. Berkas yang lengkap adalah

– FC E-ktp Suami & Istri @ 1 Lembar
– FC E-ktp 2 orang saksi @ 1 Lembar
– Formulir Isian Akte (bisa didapat di kelurahan / walikota) saya ngisi di Kelurahan.
– FC Kartu Keluarga
– FC Surat Nikah distempel / Legalisir KUA 2 Lembar.

Teller akan ngecek kelengkapan dan bilang, tunggu sebentar nanti dipanggil lagi.

Dan sekitar 3 menit langsung dipanggil dikasih bukti yang diperlukan saat nanti mau ngambil.

7. Selesai.

 

LukmanulHM